Artikel
Sekretaris dalam perusahaan
“Secretary is an employee
in an office who deals with coresspondence, keep record, maka arrangements and
appointments for particular member of the staff.”-A.S. Hornby ( Oxford Advanced
Dictionary)
Sekretaris berasal dari bahasa Inggris secret
dan secretum dari bahasa Latin yang artinya rahasia. Berasal pula
dari kata secretaries /secretarium yang berarti seseorang yang
diberi kepercayaan memegang rahasia.
Beberapa defenisi sekretaris lainnya,
1. ”Secretary is an person employed
to keep record, take care coresspondence and other writing task, etc, for
organization or individual”. Webster New Dicitonary of American Language
College.
2. “Person employed by another to
assit him in coresspondence, literary work getting information and other
confidential matters”. H.W.Flower & F.G. Flower
3. “Secretary is a personal office
assitance to designed supervisor who has close and direct working relationship
with supervisor. Ruth J.Anderson
SEKRETARIS
sekretaris adalah seorang yang membantu pimpinan atau perusahaan.
kewenangan sekretaris:
-membyat laporan
-membuat rencana
-mengorganisasi bawahan
Contoh :
sekretaris adalah seorang yang membantu pimpinan atau perusahaan.
kewenangan sekretaris:
-membyat laporan
-membuat rencana
-mengorganisasi bawahan
Contoh :
- sekretaris
jenderal departemen
- sekretaris
wilauyah daerah
- sekretaris pribadi
Dari beberapa definisi jelaslah bahwa
sekretaris bukan sekadar pembantu atasan semata, tetapi seseorang dengan
kualifikasi tugas, pekerjaan, dan tanggung jawab yang sangat tinggi. Seorang
pimpinan/atasan memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam memimpin dan
mengelola perusahaan/organisasi. Mulai dari mengurus appointement, soal
administrasi, mengatur rapat sampai urusan korespondensi. Dan tugas-tugasnya
ini akan bisa lebih maksimal jika dibantu dengan keberadaan seorang sekretaris.
Fungsi sekretaris
“A Secretary assist an
excecutive in carrying out the detail o his work. The executive depend ons upon
his secretary primarly for assistance in handling the details of communications
such as telephoning, telegraphing, filling and duplicating.’’Beamer, Hanna, Popham ( Effective
Secretarial Practise).
Secara general peranan sekretaris
menyangkut :
1. Terhadap atasan :
- Sumber dan filter informasi bagi
pimpinan, dalam memenuhi fungsi, tugas dan tanggung jawab.
- Assiten/tangan kanan pimpinan dalam
mengatur aktivitas perusahaan. Mulai dari administrative sampai human
relations.
- Perantara bagi pimpinan dan
pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
- Alternatif pemikiran dari pimpinan
dalam hal penuangan ide-ide.
- Secret Keeper/pemegang rahasia
pimpinan kaitannya dnegan tugas perusahaan.
- Mediator pimpinan dengan bawahan.
2. Terhadap bawahan/karyawan :
- Membantu memberikan motivasi
kepada karyawan lain.
- Mediator antara bahawan/karyawan
dengan pimpinan.
- Membantu/memfasilitasi bawahan
ketika hendak bertemu dengan pimpinan.
- Memberikan rasa puas dan bangga
kepada bawahan terhadap hasil kerja mereka.
TUGAS SEKRETARIS
Di banding dengan posisi lain,
sekretaris termasuk karyawan yang memiliki multi tugas, di antaranya :
1. Menurut wewenangnya.
- Tugas rutin. Meliputi pengetikan,
making call, menerima tamu, korespondenci, filling, surat menyurat.
- Tugas instruksi. Meliputi
penyusunan jadwal perjalanan, making appointment, pengaturan keuangan,
persiapan dan penyelenggaraan rapat, arrange schedule.
- Tugas kreatif. Meliputi pembuatan
formulir telepon, dokumentasi,mengirim ucapan kepada klien, mengatur ruang
kantor pimpinan.
2. Menurut jenis tugasnya.
- Tugas administrasi.perkantoran.
meliputi surat menyurat, pembuatan laporan, filling.
- Tugas resepsionis. Meliputi making
call, melayani tamu, menyusul jadwal pertemuan pimpinan.
- Tugas social. Meliputi mengatur
rumah tangga kantor, mengirim ucapan selamat kepada relasi, mempersiapkan
respsi/jamuan.acara resmi kantor.
- Tugas insidentil. Meliputi
mempersiapkan rapat,mempersiapkan pidato, presentasi, dan mempersiapkan
perjalanan dinas pimpinan.
Syarat-sayarat profesional
Selama ini, orang cenderung
mendeskripsikan seorang sekretaris sebagai sosok wanita berpenampilan cantik
dan menarik. Anggapan ini jelas salah besar. Karena seorang sekretaris tidak
melulu ahrus selorang wanita. Dan kalaupun ia wanita, tidak selalu harus cantik
dan menarik.
Secara professional, ada sejumlah
syarat seorang sekretaris yang baik.
- Personality. Di antaranya
sabar, tekun, disiplin, tidak cepat menyerah, berpenampilan baik, jujur,
loyal, pandai berbicara, sopan dan bisa menjaga image perusahannya.
- General
Knowledge.
Memiliki kemampuan memadai terhadap segala sesuatu perubahan dan
perkembangan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan aktivitas
organisasi.
- Special
knowledge.
Memiliki pengetahuan yang berkaitan khusus dengan posisinya sebagai
seorang sekretaris.
- Skill and
technic,
di antaranya meliputi kemampuan mengetik, koresponednsi, stenografi
(sekarang bukan syarat mutlak) dan kearsipan.
- Practice, kemampuan
melaksanakan tugas seharu-hari seperti menerima telepon, menerima tamu,
menyiapkan rapat, membuat agenda pimpinan dll.
1 komentar :
Wah... Terimakasih atas infonya yaa Bu :D :p ^_^ jadi tau apa aja peranan dan tugas sekretaris :D
Posting Komentar