Marketing Dengan Media Internet
Facebook Marketing dan Youtube Marketing
Pemateri: Budy Fajar S,SKomPraktisi dan Mas Kabul
Facebook Marketing
Facebook dapat membantu menjangkau semua orang yang paling penting bagi bisnis Anda
Jika Anda
mencari pratinjau umum tentang cara menggunakan Facebook untuk membantu
mengembangkan bisnis, hal mendasar ini akan menyiapkan keberhasilan Anda. Anda
juga dapat memfokuskan aktivitas di Facebook untuk mencapai tujuan bisnis
tertentu.
Ada beberapa cara untuk melakukan bisnis marketing, diantaranya:
1. Siapkan halaman
Halaman Facebook menjadikan bisnis
Anda:
·
Mudah ditemukan: Ketika orang
mencari Anda di Facebook, mereka akan dapat menemukan Anda.
·
Terhubung: Lakukan komunikasi satu
lawan satu dengan pelanggan, orang yang menyukai Halaman, membaca kiriman Anda
dan membagikannya dengan teman, serta check-in saat mereka berkunjung.
·
Tepat waktu: Halaman Anda dapat
membantu menjangkau grup yang besar berulang kali, beserta pesan yang
disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka.
·
Penuh wawasan: Analitik di Halaman
Anda akan memberikan pemahaman lebih mendalam terhadap pelanggan dan aktivitas
marketing Anda.
Saat menyiapkan halaman, Anda dapat
meminta alamat web seperti “facebook.com/yourgreatcompany,” yang menjadikannya
mudah ditemukan. Untuk memaksimalkan dampaknya, sertakan alamat ini di kartu
bisnis, situs web, dan materi marketing lainnya.
Ingat: Halaman Anda merupakan
perpanjangan bisnis Anda. Halaman merupakan cara mudah untuk membagikan
pembaruan dan hal lain dengan orang yang paling penting. Halaman siap membantu
Anda berinteraksi dengan pelanggan di desktop dan seluler.
2. Identifikasi pemirsa Anda
Pikirkan
orang yang ingin Anda temui, dan perkenalkan diri Anda
Anda tidak hanya dapat menjangkau
lebih banyak orang melalui Facebook, Anda juga dapat menjangkau orang tertentu
yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan Anda.
Untuk membantu Anda agar terhubung,
pertimbangkan:
·
Apa persamaan pelanggan ideal Anda?
·
Berapa umurnya, dan di mana mereka
tinggal?
·
Bagaimana cara bisnis Anda dapat
membantu mereka?
·
Apakah satu grup akan lebih tertarik
pada pesan, produk, atau layanan tertentu? Penjualan atau penawaran tepat
waktu?
Untuk membangun pemirsa, dorong
pelanggan dan pendukung Anda saat ini untuk menyukai Halaman Facebook Anda. Ada orang yang
kemungkinan besar melihat kiriman Anda di Kabar Berita mereka. Lihat juga opsi
di bawah tombol Buat Pemirsa:
·
Undang teman Anda: Biarkan
teman-teman Anda mengetahui tentang Anda sehingga mereka dapat mendukung Anda
dengan menyukainya. Pemirsa awal ini membantu Anda menetapkan kredibilitas dan
menyebarkan berita secara langsung.
·
Bagikan Halaman Anda—dan pastikan
Anda sudah menyukainya. Jadilah juru bicara untuk bisnis Anda.
·
Undang kontak bisnis Anda: Unggah
daftar untuk mengirim email kepada orang-orang agar mereka mengetahui Halaman
baru Anda.
Ingat: ini bukan tentang jumlah
suka. Sangat penting untuk benar-benar terhubung dengan orang yang berinteraksi
dengan Anda di Facebook. Jika Anda melakukannya, mereka akan membantu
mengisahkan cerita Anda.
3. Buat konten yang memikat
Aktifkan
bisnis Anda di Facebook
Saat Anda mengirim pembaruan, foto,
dan lainnya, pikirkan tentang apa yang dianggap menarik dan menginspirasi bagi
pelanggan Anda. Bereksperimen dengan berbagai jenis kiriman. Apakah pemirsa
Anda menyukai foto atau lebih suka ketika Anda membagikan tautan yang
bermanfaat? Anda akan mengetahui secara cepat dengan melihat Wawasan Halaman
Facebook Anda.
·
Tampilkan yang sebenarnya: Bagikan
yang hal benar-benar menarik, maka pelanggan Anda akan tertarik juga.
·
Tanggapi secara cepat: Ketika
seseorang mengomentari kiriman Anda, tunjukkan bahwa bisnis Anda memahami dan
hal itu yang Anda perhatikan. Jika Anda memerlukan tambahan waktu untuk
menjawab pertanyaan, biarkan mereka mengetahui bahwa Anda sedang mencarinya.
·
Selalu konsisten: Semakin rutin Anda
mengirim, semakin besar kemungkinan Anda terhubung dengan orang dan membangun
kepercayaan. Pengaturan jadwal kiriman juga dapat membantu memaksimalkan waktu
tim Anda.
·
Lakukan apa yang mungkin berhasil:
Tiru keberhasilan kiriman Anda untuk mendapatkan interaksi lebih banyak.
·
Ubah kiriman yang berhasil dengan
baik sebagai promosi yang sukses: Ketika Anda mengetahui bahwa kiriman
mendapatkan banyak interaksi, promosikan kiriman untuk menjangkau lebih banyak
orang. Ketika orang menyukai, mengomentari, atau membagikan kiriman Anda, teman
mereka juga memenuhi syarat untuk melihat kiriman tersebut di Kabar Berita.
Ingat: Kunci keberhasilannya adalah dengan membuat kiriman Halaman dan
iklan yang menarik dan bernilai bagi pelanggan—serta menargetkan pesan Anda
sehingga orang yang tepat akan melihatnya.
4. Beriklan
Terhubung
dengan lebih banyak orang yang penting bagi bisnis Anda
Anda dapat menggunakan Iklan Facebook untuk meningkatkan kesadaran, tetap
terhubung, dan mendorong penjualan. Promosikan kiriman Anda sehingga lebih
banyak orang akan melihatnya, atau buat iklan bertarget untuk berbagai pemirsa
berdasarkan lokasi, minat dan lainnya. Anda dapat menetapkan anggaran dan
mengukur hasil dari setiap iklan.
5. Ukur dan sesuaikan
Temukan
apa yang berfungsi dengan baik, sehingga Anda dapat memaksimalkan dampak setiap
kiriman dan iklan
Facebook memiliki beragam alat untuk
membantu mengukur cara Anda bertindak.
·
Wawasan Halaman akan membuat Anda
tetap mendapat informasi terbaru mengenai aktivitas di Halaman Facebook Anda.
·
Gunakan Wawasan Halaman untuk
memahami orang yang membalas pesan Anda. Pastikan untuk memperhatikan jenis
kelamin, umur, dan lokasi orang yang paling banyak berinteraksi dengan bisnis
sehingga Anda dapat terus berinteraksi dengan mereka melalui iklan yang
ditargetkan dan kiriman yang dipromosikan.
·
Ketika Anda membuat iklan, mencoba
gambar, dan judul yang berbeda untuk melihat mana yang berfungsi. Secara
otomatis Facebook akan mengoptimalkan kampanye Anda sehingga semakin banyak
anggaran masuk ke iklan yang berkinerja terbaik.
·
Tanyakan bagaimana seseorang mendengar
tentang Anda—saat mengakhiri telepon, di survei, atau pada saat penjualan—dan
tetap pantau pendapat mereka. Info ini akan menambah data yang disediakan oleh
alat Facebook.
Ingat: marketing bisnis Anda adalah
segala hal yang dapat membantu mencapai tujuan Anda.
Youtube Marketing
YouTube menjadi salah satu media promosi yang harus diperhitungkan oleh para pebisnis. Lalu kenapa para entrepreneur harus mulai menggunakan YouTube dalam hal marketing atau pemasarannya.
1. Efektif Untuk Mempromosikan Bisnis Anda
Dengan jumlah pengguna yang kini telah mencapai 1 miliar lebih membuat YouTube menjadi salah satu sarana yang efektif menjaring lebih banyak calon konsumen bagi sebuah bisnis. Apalagi dengan konten video yang memang identik dengan YouTube ini, maka pesan yang Anda inginkan bisa lebih tersampaikan dengan baik dan menarik.
Tentu saja untuk menghasilkan video yang menarik bagi promosi bisnis, Anda harus lebih kreatif dan terus mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar yang baik. Profesionalisme seseorang memang dibutuhkan dalam pemasaran lewat jejaring YouTube, maka dari itu perlengkapan seperti alat perekam video, latar cahaya serta model juga menjadi penentu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan script yang akan ditampilkan jika Anda memang akan menggunakannnya.
Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga harus memastikan bahwa judul yang Anda pilih unik dan dioptimalkan sesuai keyword potensial yang paling mungkin diketikkan dalam sebuah pencarian. Sertakan juga link yang mengarah ke situs web atau blog Anda agar Anda mendapatkan trafik darinya.
2. Dapat Memaksimalkan SEO Website
Hal berikutnya yang membuat Youtube harus menjadi pilihan dalam pemasaran bisnis Anda adalah dampaknya pada #SEO (Search Engine Optimization) website bisnis Anda. Ya, sejak YouTube diakusisi oleh perusahaan Google pada November 2006 silam, jejaring sosial berbasis video ini memang telah ditempatkan dan akan selalu tampil pada halaman atas mesin pencarian Google sebagai menu khusus. Maka jika Anda memang mengandalkan pemasaran online Anda dengan strategi SEO, mulai sekarang Anda tidak boleh lagi sekali-kali melewatkan Youtube.
Dengan kombinasi konten website dan channel Youtube yang Anda miliki, potensi besar Anda terlihat pada halaman teratas pencarian Google pun akan semakin terbuka lebar. Dengan menjadi yang teratas dalam pencarian Google, tentunya Anda akan semakin berpeluang untuk menjaring lebih banyak konsumen dan pelanggan bagi bisnis Anda.
3. Adanya YouTube Partner Program
Terakhir, hal yang membuat YouTube harus menjadi pilihan dalam teknik pemasaran Anda adalah adanya program partner dari YouTube. Ya, sejak tahun 2007, YouTube memang telah resmi melaunching proram partner atau kemitraan bagi siapapun dari penggunanya untuk bisa menghasilkan uang. Dengan mengikuti program kemitraan ini, penggunanya akan mampu memperoleh penghasilan hingga mencapai $9000 jika video yang diunggahnya mendapat penayangan hingga dua juta penayangan.
Dengan keuntungan yang besar ini, maka Anda bisa melakukan dua hal yang menguntungkan bisnis Anda secara sekaligus. Selain sebagai media #video dari pemasaran bisnis, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan lain dari program partner dari YouTube. Namun untuk bisa dilirik dalam program ini, Anda tak bisa main-main, Anda harus serius menggarap channel Anda. Usahakan apa yang Anda upload sesuai dengan persyaratan dan menarik orang lain untuk melihat konten-konten video Anda.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar