Kuliah Tamu BP 4 (Kamis, 18 Mei 2017)
Fungsi Bisnis Perusahaan Jasa Oleh Bpk. Kurniawan Muhammad
Radar Malang adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Malang, Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Jawa Pos. Kantor pusatnya terletak di kota Malang.
Radar malang tidak terlepas dari Jawa Pos biro Malang yang berdiri
sejak tahun 1980. tahun 1999 wewenang berlakunya otonomi didaerah
indonesia. Jawa Pos membuat 7 radar di Jawa Timur sebagai pelopor koran
daerah. otonomi daerah benar-benar diterapkan pada tahun 2000.
7 Radar pada tahun 1999 yaitu:
- Malang, Kediri,Jember,Bromo,Madiun,Bali,dan Madura
sekarang ada tambahan 5 radar di Jawa Timur yaitu
- Banyuwangi,Surabaya,Mojokerto,Tulungagung,dan Jombang
jadi total radar dimalang berhjumlah 12 radar.
Radar Malang dan Jawa Pos Group
- Media Cetak:mempunyai koran disemua provinsi yaitu 300 koran, 100 majalah, setiap koran dibagi dalam cluster berdasarkan wilayah, Oplah jumlah exeplar yang dicetak setiap hari, Radar Malang dalam Cluster Jawa Pos Radar (JPR), ada 18 lokal wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah,dan Bali.
- Media Elektronik: 35 jaringan TV lokal
- Hotel: New Hotel
- Percetakan: Temprina Gresik
- Pabrik Kertas: Adiprima Suraprinta
- Power Plan: PLTU Batu Bara
#Setiap 3 bulan Jawa Pos Group membuat kompetisi foto, konten, isi,dll
Bisnis Koran
- khas
- punya 2 sisi yang secara ideologi
- Idealis→News: kepentingan publik & keinginan publik
- Bisnis→Iklan: kepentingan clien dan keinginan clien
#kepentingan Idealis harus lebih besar dari pada keinginan Bisnis
Bisnis Koran adalah Khas
- satu sisi produknya bisa dianggap sebagai Barang
- satu sisi produknua bisa diangggap sebagai Jasa
- jam kerja yang khas (Devisi Redaksi)
Tantangan Bisnis Koran
- gempuran online, media sosial, media elektronik
- life style berubah: orang semakin suka dengan hal yang praktis, mempengaruhi pola orang memasang iklan
- perubahan demografis: angka usia muda trennya meningkat, koran ditantang untuk bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin mudah
What Did Radar Malang Do!!
- strategi konten: pola pemberitahuan lebih, Indepth, invesgatif, blow up
- membuat online berbasis print (edisi cetak): berita cetak mengait di online dan berita online mengait di cetak
- membuat batasan berita berita online dan cetak: berita online belum tentu ada di edisi cetak, beritacetak belum tentu ada di media online.
- dekat dengan pembaca/ masyarakat: berita harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
- filosofi part of the show: menciptakan hal yang berbeda, dengan berita berbeda memunculkan kesan "hanya Radar Malang yang mampu melakukan"
- menggaet minat membaca: rubrik zitizen, mengenalkan koran kepada generasi z (1995), saat ini sudah 2158 member, pembaca usia muda <20 tahun.
- menggaet komunitas, keluarga, perempuan: Komunitas, Griya, Lifestyle, Kuliner ,dll
- harus berada dalam alam bawah sadar pembaca/masyarakat: maka brand radar malang harus terus menerus ke Publik, tampil melalui berita koran saja tidak cukup
Tidak ada komentar :
Posting Komentar